Kebijakan Privasi Dynata [OpinionWorld, AirAsia] untuk Penduduk Setiap Negara Kecuali Negara-Negara UE dan Meksiko

Pertama Kali Berlaku: 15 Agustus 2013

Versi Ini: Berlaku 12 September 2019

Bagian berikut menetapkan kebijakan privasi untuk komunitas panel online Dynata, LLC (sebelumnya dikenal sebagai Survey Sampling International, LLC), situs web panel Dynata, LLC, dan/atau aplikasi seluler Dynata, LLC (secara bersama-sama “Aplikasi/Layanan”) yang ditawarkan oleh Dynata, LLC dan perusahaan induk, anak perusahaan, dan perusahaan afiliasinya (secara bersama-sama “Dynata”). 

Kebijakan Privasi ini menetapkan pengumpulan, penggunaan, dan pengungkapan data pribadi atau informasi identifikasi pribadi (“PII”) dan informasi lainnya oleh Dynata yang berkaitan dengan Layanan Dynata sebagaimana didefinisikan dalam kebijakan ini serta kegiatan lain Dynata dan pihak ketiga sebagaimana didefinisikan dalam kebijakan ini (“Kegiatan Non-Riset”).  Layanan Dynata memberi Anda kesempatan untuk bergabung dengan panel, berpartisipasi dalam survei yang dikelola oleh Dynata maupun oleh pihak ketiga (baik sebagai anggota panel maupun anggota non-panel), menggunakan situs web yang terkait dengan panel-panel, menggunakan Aplikasi/Layanan yang terkait dengan panel, dan menerima serta menukarkan hadiah dan insentif, termasuk tanpa batasan, entri undian, yang ditawarkan berkaitan dengan keanggotaan panel dan/atau penyelesaian survei (secara bersama-sama “Layanan”). Kegiatan Non-Riset termasuk, namun tidak terbatas pada, pemasaran Dynata, Layanan Dynata dan/atau pihak ketiga yang memasarkan layanan mereka kepada Anda dan/atau membagikan data profil individu dan/atau keseluruhan kepada pihak ketiga untuk mengembangkan wawasan pemasaran dan/atau khalayak/model serupa.  Kegiatan Non-Riset dijelaskan secara lebih terperinci dalam Kebijakan Privasi ini. 

Penggunaan Aplikasi/Layanan Dynata Anda benar-benar bersifat sukarela dan karenanya pemrosesan PII Anda oleh Dynata terkait Aplikasi/Layanan serta Kegiatan Non-Riset dan Kebijakan Privasi ini dilakukan atas persetujuan Anda.

Survei yang dikelola oleh pihak ketiga dan data yang dikumpulkan terkait dengan survei tersebut tidak tunduk pada Kebijakan Privasi ini. Pendaftaran, penggunaan, dan akses ke Layanan Dynata tunduk pada Syarat dan Ketentuan Dynata.   Dalam sebagian besar kasus, Dynata bukanlah sponsor survei dan instrumen survei, serta hasil survei atau data survei tersebut, adalah dan akan menjadi milik sponsor survei.  

Semua rujukan pada “Dynata” dalam Kebijakan Privasi ini mencakup Dynata serta perusahaan induk, anak perusahaan, dan perusahaan afiliasinya. Semua rujukan “kami” atau “kita” merujuk pada Dynata.  Seluruh PII disimpan dalam server yang berada di Amerika Serikat, tempat server Dynata berada serta dapat diakses secara global oleh karyawan dan/atau agen Dynata.  Untuk tujuan kebijakan ini, responden berarti setiap individu yang ikut serta dalam Layanan Dynata, termasuk pengumpulan data pasif dan/atau ikut serta dalam Kegiatan Non-Riset yang dijelaskan dalam kebijakan ini.  Untuk tujuan kebijakan ini, online mencakup penelusuran web seluler,

 

Data pribadi dan informasi lain apa yang dikumpulkan oleh Aplikasi/Layanan dan bagaimana hal ini digunakan?

Dynata mengumpulkan informasi identifikasi pribadi (“PII”) dari peserta riset selama dan setelah pendaftaran dengan panel, termasuk tanpa batasan, selama keikutsertaan dalam survei dan dalam kaitannya dengan penerimaan dan penukaran hadiah dan insentif dan/atau selama pendaftaran dan proses mengunduh Aplikasi/Layanan. Anda akan diminta untuk menyediakan informasi PII dan demografis tertentu, termasuk tanpa batasan, nama Anda, alamat(-alamat), nomor(-nomor) telepon (termasuk nomor telepon rumah, ponsel, dan/atau nomor telepon bisnis), alamat(-alamat) email, tanggal lahir, dan pekerjaan/pendidikan, nomor identifikasi unik panelis/responden yang kami berikan untuk Anda saat mendaftarkan akun (secara terpisah "UID" dan secara bersama-sama "UID-UID"), serta informasi ras dan jenis kelamin. Selain pengumpulan PII yang disebutkan di atas, selama dan setelah proses pendaftaran, Anda mungkin diminta untuk secara sukarela memberikan atau mengungkapkan Data Sensitif. Data Sensitif artinya PII yang mengungkapkan atau membuka kondisi kesehatan dan medis, orientasi seksual atau kehidupan seksual, opini/pandangan politik, asal-usul ras/suku bangsa, keyakinan keagamaan dan filosofis, serta keanggotaan persatuan dagang. Data Sensitif digunakan untuk memberikan kesempatan survei kepada Anda dan sebagaimana ditetapkan dalam Kebijakan Privasi ini. 

Dynata mengumpulkan informasi PII dan demografis dari anggota non-panel sebelum dan selama keikutsertaan dalam survei.

Dynata memberi klien dan/atau mitra periklanannya informasi mengenai perangkat Anda, termasuk, namun tidak terbatas pada IDFA atau ID Periklanan dari perangkat tersebut dan interaksi dengan Aplikasi/Layanan dengan persetujuan Anda. Dynata, klien, dan/atau mitra periklanan dapat menggunakan informasi ini untuk memfasilitasi survei Dynata, untuk memasarkan produk dan layanan Dynata kepada Anda, untuk periklanan berbasis minat yang tidak terkait, guna menghubungkan perangkat Anda dengan data tambahan mengenai Anda dan/atau perangkat Anda yang tersedia dari platform manajemen data pihak ketiga, dan/atau untuk mengesahkan informasi tertentu yang Anda berikan mengenai diri Anda dan/atau perangkat Anda. Klik di sini untuk mempelajari lebih lanjut mengenai beberapa mitra periklanan kami, termasuk cara memilih keluar untuk kemudian.

Informasi tambahan yang Anda kirimkan.

Anda dapat menyerahkan, mengunggah, atau mengirimkan konten atau materi, termasuk tanpa batasan, foto, video, dan/atau konten atau materi serupa atau terkait lainnya yang mungkin tertera dalam PII Anda ("Konten Pengguna"), misalnya, saat menyelesaikan survei. PII yang tercantum dalam Konten Pengguna akan dikumpulkan, digunakan, dan diungkapkan sebagaimana ditetapkan dalam Kebijakan Privasi ini.  Konten Pengguna tidak boleh menyertakan audio, video, gambar, atau hal serupa dari siapa pun selain Anda.

Informasi yang dikumpulkan dengan sarana otomatis:

Aplikasi/Layanan ini juga secara otomatis mengumpulkan informasi tertentu, misalnya informasi mengenai perangkat dan kemampuan perangkat Anda, termasuk tanpa batasan, sistem operasi perangkat, aplikasi lain pada perangkat Anda, alamat IP, penyedia jaringan perangkat, jenis perangkat, zona waktu, status jaringan, jenis peramban, pengenal peramban, nomor identifikasi unik perangkat (misalnya pengenal untuk analitik atau periklanan), ID pengguna penyedia jaringan (angka unik yang diberikan oleh penyedia jaringan kepada Anda), alamat Kendali Akses Media (Media Access Control atau MAC), Identitas Peralatan Seluler Internasional, lokasi, dan informasi lain yang terpisah atau digabungkan adalah cara unik yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat Anda. Contoh-contoh khusus data ini dan teknologi yang mengumpulkannya, adalah sebagai berikut:

Data geo-lokasi. Aplikasi/Layanan akan meminta izin Anda untuk memperoleh informasi geo-lokasi dari perangkat seluler Anda. Informasi geo-lokasi semacam ini mungkin disediakan oleh Aplikasi/Layanan sewaktu-waktu, baik ketika Aplikasi/Layanan dibuka ataupun tidak. Apabila Anda setuju untuk membagikan data geo-lokasi Anda, di samping penggunaan yang ditetapkan menurut “penggunaan informasi oleh Dynata”  di bawah ini, Dynata juga akan menggunakan informasi lokasi untuk menawarkan pilihan guna ikut serta dalam survei dan riset pasar berbasis lokasi kepada Anda dan/atau membagikan data geo-lokasi tersebut kepada klien pihak ketiga guna menunjukkan lokasi dan/atau pola lalu lintas tertentu dari peserta Aplikasi/Layanan. Selain itu, SSI mungkin membagikan data geo-lokasi Anda kepada vendor pihak ketiga guna mengidentifikasi alamat-alamat komersial di sekitar lokasi Anda, misalnya toko atau restoran. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai vendor tersebut, kunjungilah www.placed.com untuk memperoleh penjelasan seputar layanan yang mereka sediakan dan cara data geo-lokasi digunakan, termasuk penggunaan data tersebut oleh vendor untuk keperluan periklanan berbasis lokasi.

Data geo-lokasi juga dapat digunakan oleh jaringan iklan untuk menyediakan periklanan berbasis lokasi kepada Anda. Penggunaan data oleh jaringan iklan beserta cara memilih untuk keluar dijelaskan secara lebih terperinci di bawah ini.

Apabila Anda tidak lagi ingin membagikan data geo-lokasi melalui perangkat Anda, ubahlah pengaturan privasi pada perangkat Anda untuk Aplikasi/Layanan tersebut.

Aplikasi/Layanan dan fungsionalitas. Dynata dapat meminta akses ke aplikasi dan/atau fungsionalitas tertentu yang tersedia pada atau melalui perangkat Anda untuk digunakan sehubungan dengan Aplikasi/Layanan serta Layanan tersebut. Akses akan diminta melalui pemberitahuan otomatis (push notification) atau peringatan lainnya. Akses hanya akan diberikan dengan persetujuan Anda. Apabila Anda setuju, berikutnya Anda dapat memilih untuk keluar dengan mengubah pengaturan pada perangkat Anda.

Informasi media sosial. Anda juga dapat ditawari kesempatan untuk mengakses Aplikasi/Layanan melalui platform media sosial pihak ketiga. Apabila Anda memilih opsi tersebut, Dynata dapat mengumpulkan informasi profil tertentu yang tersimpan dalam akun platform media sosial Anda.

Cookie dan Teknologi Serupa. Cookie adalah file kecil yang menyimpan data tertentu pada sebuah perangkat. Cookie sesi berakhir ketika Anda menutup peramban. Cookie persisten tetap berada dalam perangkat Anda hingga dihapus atau setelah tanggal kedaluwarsa yang ditentukan. Anda dapat mengatur peramban untuk mengirimkan pemberitahuan ketika Anda menerima cookie.

Cookie pihak pertama dan pihak ketiga, teknologi serupa atau terkait lainnya, serta pengenal perangkat (contohnya IDFA, AAID, dll.) dapat ditempatkan, dipasang, diatur, dan/atau dibaca dengan sejumlah tujuan, termasuk tanpa batasan, untuk menyediakan pengalaman survei yang lebih baik, kendali mutu, validasi, untuk memungkinkan atau memfasilitasi keikutsertaan survei, pelacakan survei yang sudah diisi ataupun tindakan yang sudah selesai lainnya, untuk deteksi dan/atau pencegahan pemalsuan, riset efektivitas iklan online, pelacakan situs web dan pengukuran khalayak, untuk mengembangkan wawasan khalayak dan/atau model yang serupa sehubungan dengan kampanye pemasaran, dan demi tujuan sasaran iklan serta konten lainnya kepada individu, tunduk pada persetujuan Anda jika diwajibkan oleh hukum yang berlaku. Namun demikian, untuk cookie tertentu dan/atau teknologi serupa atau terkait, jika Anda memutuskan untuk tidak menerima cookie, Anda tidak dapat menggunakan Aplikasi/Layanan tersebut.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang jenis cookie yang kami gunakan, tujuan kami menggunakan informasi yang dikumpulkan melalui cookie, silakan lihat Alat Persetujuan Cookie kami.

File Log . Aplikasi/Layanan dapat mengumpulkan dan menyimpan informasi tertentu secara otomatis, termasuk tanpa batasan, data yang tersedia dari peramban web Anda. Informasi tersebut termasuk tanpa batasan, Alamat IP, jenis peramban, penyedia layanan internet, halaman rujukan/keluar, sistem operasi, stempel tanggal/waktu, dan data arus klik dalam file log.

Pemindaian Sidik Jari Digital. Pada umumnya, pemindaian sidik jari digital memberikan pengenal unik pada perangkat Anda berdasarkan pengaturan teknis perangkat tersebut, karakteristik, serta Alamat IPnya. Dynata menggunakan teknologi pemindaian sidik jari digital untuk tujuan kendali mutu dan validasi serta deteksi dan/atau pencegahan pemalsuan, termasuk tanpa batasan, pengenalan responden ganda atau palsu. Dynata dapat menerapkan dan menggunakan pemindaian sidik jari digital secara langsung atau melalui vendor pihak ketiga dengan persetujuan Anda jika diwajibkan oleh hukum yang berlaku.

Watermark. Secara umum, watermark melibatkan penempatan teknologi atau file pada perangkat Anda untuk mengidentifikasi apakah perangkat ini sebelumnya telah digunakan untuk mendaftar atau mengakses Aplikasi/Layanan atau Layanan-Layanan. Watermark digunakan untuk tujuan kendali mutu dan validasi serta tujuan deteksi dan/atau pencegahan pemalsuan. Dynata dapat terlibat dalam aktivitas pemasangan watermark secara langsung atau melalui vendor pihak ketiga dengan persetujuan Anda jika diwajibkan oleh hukum yang berlaku.

Dalam sejumlah kasus, kami dapat menggunakan informasi yang dikumpulkan melalui sarana otomatis, beserta informasi lainnya, untuk mengenali pengguna perorangan (atau pengguna rumah tangga) lintas platform atau lintas perangkat, seperti ponsel pintar, komputer, tablet, atau peramban terkait, demi tujuan yang dijelaskan dalam Kebijakan Privasi ini.

Informasi yang dikumpulkan dari pihak ketiga

Dynata dapat memperoleh PII, informasi perilaku dan/atau demografis dari pihak ketiga, termasuk tanpa batasan, platform manajemen data, jaringan iklan, biro layanan informasi, pemasok sampel lainnya, dan/atau platform media sosial.  Dynata dapat menggunakan PII, data perilaku dan/atau demografis yang diterima dari pihak ketiga untuk berbagai tujuan, termasuk tanpa batasan, validasi data, penambahan data, pengembangan wawasan pemasaran, tujuan deteksi pemalsuan, dan/atau mengirimkan email satu kali kepada Anda yang berisi undangan untuk berpartisipasi dalam survei dan/atau bergabung ke Panel.  Selain itu, data geo-lokasi, termasuk informasi terkait penjual ritel dan perusahaan komersial lainnya yang mungkin Anda kunjungi ketika fitur geolokasi terpasang, dapat ditambahkan dalam profil panel Anda dan/atau dibagi dengan klien Dynata jika Anda memilih untuk masuk layanan geo-lokasi.     

 

Bagaimana Dynata menggunakan informasi yang dikumpulkannya?

Penggunaan informasi oleh Dynata:

Selain tujuan yang dijelaskan di atas, Dynata menggunakan data pribadi yang dikumpulkan melalui Aplikasi/Layanan sebagai berikut: (i) untuk berkomunikasi dengan Anda terkait keanggotaan Anda pada panel(-panel) survei milik Dynata; (ii) untuk berkomunikasi dengan Anda terkait partisipasi Anda dalam survei(-survei); (iii) untuk menyesuaikan kesempatan survei bagi Anda dan mengatur iklan yang ditampilkan kepada Anda di luar Aplikasi/Layanan demi memfasilitasi pengisian survei pengingat kembali pada iklan; (iv) untuk mengirimkan kepada Anda pemberitahuan kesempatan survei; (v) untuk mematuhi setiap dan seluruh kewajiban hukum, termasuk tanpa batasan, kewajiban pajak; (vi) untuk menata dan mengelola program hadiah dan insentif Dynata serta memenuhi permintaan hadiah dan insentif Anda; (vii) untuk memfasilitasi entri undian dan promosi Dynata Anda serta berkomunikasi dengan Anda terkait entri tersebut; (viii) untuk memperbarui arsip Dynata; (ix) untuk memenuhi setiap kewajiban atau persyaratan supresi data; (x) untuk tujuan deteksi dan/atau pencegahan pemalsuan; (xi) untuk menautkan perangkat dan/atau profil Anda ke informasi tambahan yang tersedia tentang Anda dan/atau perangkat Anda dari platform manajemen data (“DMP”); (xii) untuk memasarkan produk/layanan Dynata kepada Anda; (xiii) untuk memungkinkan pihak ketiga memasarkan produk/layanan mereka kepada Anda; (xiv) untuk memungkinkan Dynata atau pihak ketiga mengembangkan wawasan pemasaran dan/atau model/khalayak serupa; (xv) untuk mengesahkan informasi profil yang Anda berikan kepada kami; dan/atau (xvi) sebagaimana diizinkan berdasarkan Kebijakan ini atau sebagaimana yang Anda izinkan.  Dynata dapat menggunakan informasi yang dikumpulkan dalam konteks Aplikasi/Layanan sehubungan dengan panel survei lainnya yang dilaksanakan oleh Dynata dan/atau sehubungan dengan Aktivitas Non-Riset.  Dengan mempertimbangkan penautan data Aplikasi/Layanan dengan data DMP pihak ketiga, Dynata menggunakan data tersebut sendiri dan/atau mengizinkan klien Dynata dan/atau DMP sendiri untuk menggunakan data tersebut guna menyediakan kesempatan survei kepada Anda, mengukur efektivitas pengiklanan (sebagaimana dijelaskan secara lebih terperinci di bawah ini), mengelompokkan khalayak; merancang kampanye iklan dengan menggunakan kelompok “serupa” berdasarkan data hasil survei dan pihak ketiga; dan/atau untuk memasarkan produk/layanan pihak ketiga tersebut kepada Anda. 

Penargetan Ulang.  Dynata dapat melibatkan pihak ketiga atau para pihak ketiga dari waktu ke waktu untuk menampilkan iklan pada situs(-situs) web Dynata atau mengelola periklanan Dynata pada berbagai situs web lainnya (misalnya, pada situs media sosial). Mitra(-mitra) pihak ketiga Dynata dapat menggunakan teknologi, seperti cookie atau elemen pengenal data. Termasuk, namun tidak terbatas pada IDFA atau ID Periklanan Anda untuk mengumpulkan informasi tentang kegiatan Anda pada situs(-situs) web Dynata dan/atau pada berbagai situs web lainnya guna: (i) menampilkan iklan tentang Dynata dan layanannya kepada Anda dan/atau (ii) membantu Dynata dalam mengembangkan kampanye periklanan dan pemasaran yang dirancang untuk menyasar individu yang memiliki profil sosial dan demografis yang serupa dengan profil sosial dan demografis Anda. Apabila Dynata melakukan program penargetan ulang dan Anda tidak ingin berpartisipasi dalam program penargetan ulang ini, keluarlah melalui proses pilihan keluar cookie yang berlaku yang ditetapkan dalam Kebijakan Privasi ini atau dalam pemberitahuan cookie terpisah dari Dynata, dengan mengubah IDFA atau ID Periklanan Anda dan/atau dengan berhenti berlangganan iklan tersebut.

Wawasan Khalayak/Model Serupa.  Dynata dan/atau pihak ketiga dapat menggunakan PII yang dikumpulkan dari Anda dan/atau dapat menautkan PII yang dikumpulkan dari Anda ke cookie pihak ketiga guna mengembangkan wawasan khalayak dan/atau model serupa sehubungan dengan kampanye periklanan. 

Efektivitas Periklanan Online.  Berkaitan dengan program efektivitas periklanan online Dynata, Anda dapat berpartisipasi dalam survei terkait iklan, promosi, konten, kampanye, dan/atau situs web yang tengah diuji Dynata untuk kliennya. Untuk memudahkan penyelesaian survei ini, klien Dynata dapat menuliskan, mengatur, atau membaca cookie, objek yang dibagikan/disimpan dalam komputer pengguna, cookie flash dan/atau teknologi terkait lainnya (secara terpisah “Teknologi Pihak Ketiga” dan secara bersama-sama “Sejumlah Teknologi Pihak Ketiga”). Sejumlah Teknologi Pihak Ketiga dapat ditulis, diatur, atau dibaca di berbagai lokasi, termasuk tanpa batasan, server atau sistem Dynata. Apabila Anda berpartisipasi, UID Anda akan disimpan dalam atau dihubungkan dengan Teknologi Pihak Ketiga agar Anda dapat dihubungi kembali berkaitan dengan iklan atau promosi online. Selain itu, klien Dynata akan menggunakan Teknologi Pihak Ketiga untuk menentukan apakah Anda telah melihat, mengklik, atau berinteraksi dengan iklan atau promosi online tersebut. Apabila Anda telah berinteraksi dengan iklan atau promosi online, klien Dynata akan mengirimkan UID Anda dan survei spesifik kepada Dynata. Kemudian, Dynata akan memberi Anda kesempatan untuk mengisi survei tersebut.

Data Pengukuran Khalayak. Selain penggunaan dan pembagian Data Pengukuran Khalayak (sebagaimana dijelaskan di bawah ini) sehubungan dengan riset efektivitas periklanan online yang telah dijelaskan di atas, Dynata dapat membagikan UID dan data Anda yang sebelumnya dikumpulkan oleh Dynata, termasuk tanpa batasan, usia, jenis kelamin, pendapatan, jumlah anggota keluarga, pendidikan/tingkat pendidikan, serta status pekerjaan, (“Data Pengukuran Khalayak”), kepada pihak ketiga, termasuk tanpa batasan, subkontraktor, mitra, dan/atau klien Dynata untuk tujuan pelaporan pengukuran khalayak mengenai konten, iklan, kampanye, dan situs web yang Anda kunjungi, lihat, dan/atau klik. Data Pengukuran Khalayak akan digunakan berkaitan dengan riset efektivitas periklanan online, dan untuk membantu pembuatan, pengembangan, maupun penerapan situs web, iklan online, dan fitur, fungsionalitas, serta kampanye Internet ataupun media digital lainnya. Data Pengukuran Khalayak tersebut dapat dibagikan dalam bentuk ringkasan tunggal (yakni level responden individu) atau bentuk ringkasan agregat (yakni, kelompok responden).

 

Bagaimana pengiklan/jaringan iklan menggunakan informasi saya?

Penggunaan informasi oleh mitra iklan.

Anda dapat menggunakan Aplikasi/Layanan untuk berpartisipasi dalam survei, termasuk tanpa batasan, survei terkait iklan dan promosi tertentu yang tengah diuji Dynata untuk klien bisnisnya. Anda dapat melihat iklan atau promosi ini di sejumlah tempat, termasuk tanpa batasan, aplikasi seluler non-Dynata (contohnya, dalam aplikasi permainan), yang mana setelahnya Dynata akan memberi Anda akses ke, atau menghubungi Anda untuk melengkapi, survei tentang iklan atau promosi yang Anda lihat. Untuk memfasilitasi penyelesaian survei mengenai iklan atau promosi, Dynata telah bermitra dengan perusahaan iklan yang menyediakan, mengukur, atau memfasilitasi iklan, termasuk tanpa batasan, dalam banyak aplikasi seluler lainnya. Aplikasi/Layanan tersebut menyediakan jaringan iklan ini dengan UID, yakni pengenal perangkat unik Anda, dan banyak atau seluruh jenis informasi lain yang dijelaskan dalam bagian "Informasi yang dikumpulkan dengan sarana otomatis" di atas (termasuk geo-lokasi Anda yang tengah berjalan, jika perangkat Anda mengizinkan pengumpulan geo-lokasi). Kemudian, ketika Anda menggunakan aplikasi seluler yang telah bermitra dengan salah satu perusahaan iklan, perusahaan iklan tersebut dapat menggunakan pengenal perangkat unik Anda atau informasi yang dikumpulkan secara otomatis lainnya guna mengenali perangkat Anda. Kemudian, perusahaan iklan dapat menunjukkan iklan atau promosi yang tengah diuji Dynata untuk salah satu klien bisnis kami kepada Anda. Lalu, perusahaan iklan dapat menginformasikan pada Dynata bahwa perangkat yang terhubung dengan UID Anda baru saja menerima iklan atau promosi, yang memungkinkan Dynata untuk memberi Anda akses ke atau untuk menghubungi Anda guna melengkapi survei terkait iklan atau promosi. Dengan persetujuan Anda, perusahaan iklan juga menggunakan informasi tentang perangkat Anda dan interaksi Anda dengan Aplikasi/Layanan dan aplikasi seluler lainnya yang telah mereka kumpulkan sebelumnya guna memberi Anda iklan lainnya dalam aplikasi yang telah disesuaikan dengan ketertarikan Anda ataupun demi tujuan lainnya. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang sejumlah perusahaan iklan ini, termasuk cara memilih keluar, kunjungilah situs web berikut:

http://www.voicefive.com/preferences.aspx

https://www.insightexpressai.com/adserver/optout.aspx

http://n01d01.cumulus-cloud.com/ssi/optout.php

http://www.nielsen-online.com/corp.jsp?section=leg_prs&nav=1

 

Komunikasi apa yang akan saya terima melalui Aplikasi/Layanan atau yang berkaitan dengan Layanan?

Dynata dapat menghubungi Anda untuk berpartisipasi dalam survei melalui pemberitahuan "otomatis (push)" atau SMS/pesan teks, jika Anda menyetujui secara tersurat untuk menerima komunikasi tersebut.

Selain itu, Dynata dan/atau agen atau vendornya, atas nama Dynata, akan mengirimkan komunikasi email kepada Anda terkait undangan survei, partisipasi survei, informasi hadiah atau insentif, permintaan dan penukaran hadiah, buletin, pemberitahuan yang perlu diberikan di sini atau diwajibkan oleh hukum, entri undian atau promosi, pemberitahuan pemenang undian atau promosi, dan sebagai tanggapan permintaan informasi dari Anda. Pada saat Anda memberikan Dynata nomor(-nomor) telepon Anda, Dynata, kliennya, dan/atau Subkontraktornya juga dapat menghubungi Anda melalui telepon berkaitan dengan akun Anda, termasuk tanpa batasan: (i) survei yang telah atau tengah Anda ikuti; (ii) informasi hadiah atau insentif, permintaan dan penukaran hadiah; (iii) entri undian atau promosi dan pemenuhan hadiah; (iv) tanggapan permintaan informasi Anda; (v) pemberitahuan menurut Kebijakan Privasi ini; (v) undangan dan/atau kesempatan survei tambahan; dan/atau (vi) pengesahan informasi profil yang telah Anda berikan kepada kami.  

 

Apakah Dynata membagikan data pribadi dan informasi lainnya yang dikumpulkan melalui Aplikasi/Layanan Dynata dengan pihak ketiga?

Sesuai dengan hukum yang berlaku, Dynata dapat mengungkapkan atau memindahkan data pribadi serta informasi lainnya yang dikumpulkan melalui Aplikasi/Layanan ke pihak ketiga sebagai berikut:

(i) Dengan persetujuan Anda;

(ii) Sebagai tanggapan terhadap surat perintah pengadilan, perintah pengadilan, atau lembaga pemerintah;

(iii) Untuk menentukan, melakukan, atau mempertahankan gugatan hukum individu atau Dynata, termasuk untuk melindungi keselamatan individu atau melindungi hak dan/atau properti Dynata;

(iv) Antara berbagai panel Dynata jika Anda mendaftar di lebih dari satu panel Dynata;

(v) Bagi perusahaan induk, anak perusahaan, atau afiliasi Dynata: (1) Apabila terjadi reorganisasi atau restrukturisasi; atau (2) untuk penggunaan dan pemrosesan sesuai dengan Kebijakan ini atau sebagaimana diizinkan oleh Anda;

(vi) Kepada agen resmi dan/atau subkontraktor Dynata dan/atau klien Dynata, yang menyediakan layanan, termasuk tanpa batasan, layanan penambahan data, layanan validasi data, layanan deteksi dan/atau pencegahan pemalsuan, layanan penyesuaian basis data, layanan pengkodean, dan hadiah, insentif, serta layanan terkait undian. Sehubungan dengan pembagian data pribadi dan informasi lain dengan subkontraktor sebagaimana ditetapkan dalam (vi) di atas, subkontraktor dapat menggunakan data tersebut untuk memperbaiki atau meningkatkan layanan mereka, setiap kali mereka bertindak sebagai pengendali atau pemilik data, dan bukan sebagai subkontraktor yang dilibatkan oleh Dynata. Untuk melihat daftar subkontraktor yang bertindak sebagai pengendali data atau penanggung jawab data Anda serta kebijakan privasi mereka, klik di sini.

(vii) Kepada klien dalam riset pasar terbatas terkait penggunaan, termasuk tanpa batasan, pemodelan, validasi, penambahan data, segmentasi basis data, dan penukaran, pemenuhan, dan/atau entri hadiah, insentif, atau undian;

(viii) Terkait perubahan kepemilikan atau kendali, termasuk tanpa batasan, merger atau akuisisi segala atau seluruh aset bisnis Dynata, dengan ketentuan bahwa pihak yang menerima atau mendapatkan data pribadi setuju untuk menggunakan, melindungi, dan menjaga keamanan, integritas, dan kerahasiaan data pribadi sesuai dengan Kebijakan ini;

(ix) kepada klien atau pelanggan klien tersebut bilamana Dynata atau pihak ketiga meyakini bahwa Anda telah atau mungkin melanggar hak kekayaan intelektual dari pihak ketiga;

(x) kepada klien atau pelanggan klien tersebut bilamana Dynata atau pihak ketiga meyakini bahwa Anda telah melanggar Ketentuan Layanan;

(xi) kepada pihak ketiga yang memasukkan klien riset Dynata dan pihak ketiga yang terlibat dalam Kegiatan Non-Riset untuk memungkinkan pihak ketiga tersebut mengembangkan kampanye pemasaran, wawasan khalayak, model serupa, dan/atau untuk memasarkan produk/layanan pihak ketiga tersebut kepada Anda; dan

(xii) Hal lain yang diizinkan berdasarkan Kebijakan ini.

Perlu diketahui, Dynata mungkin mengizinkan klien untuk mengumpulkan PII secara langsung dari responden. Pengungkapan bersifat sukarela dan, sebelum pengumpulan, klien harus menandatangani perjanjian tertulis dengan Dynata, yang, antara lain, membatasi penggunaan PII. 

Dynata dapat memberikan lisensi atas PII tertentu kepada pihak ketiga (misalnya pialang data, penghimpun data, dan lain-lain) untuk Tujuan Non-Riset mereka sendiri, termasuk tanpa batasan, pemberian lisensi atas data tingkat individu dan/atau tingkat keseluruhan (misalnya kegiatan pembelian atau penggunaan produk dan/atau layanan, aktivitas media sosial, data kunjungan situs web, riwayat pencarian internet, dan lain-lain) untuk pengembangan wawasan khalayak dan/atau model serupa, demi tujuan penjualan data tersebut kepada klien/pelanggan pihak ketiga untuk keperluan menjalankan analitis dan memberikan inteligensi pemasaran, dan/atau untuk memungkinkan pihak ketiga memasarkan produk/layanannya kepada Anda.

Selain itu, UID-UID dan informasi yang dikumpulkan melalui sarana otomatis disediakan kepada pihak ketiga, termasuk tanpa batasan, klien, mitra, agen, dan/atau vendor demi tujuan mengenali responden untuk melakukan kontak ulang survei atau komunikasi, deteksi dan/atau pencegahan pemalsuan, pencocokan basis data, validasi data, penambahan data, pengkodean, segmentasi data, serta hadiah, insentif, dan/atau undian atau layanan terkait promosi.

Terkait dengan data survei Anda, Dynata atau klien mungkin menghubungkan keadaan demografis tertentu dengan Anda.  Dynata mungkin membagikan kepada pihak ketiga, termasuk namun tidak terbatas pada data klien, geografis, dan/atau demografis yang dikumpulkan Dynata dari Anda selama pendaftaran, atau melalui pertanyaan profil tertentu yang mungkin diajukan Dynata kepada Anda. Data tersebut dapat dibagikan dengan pihak ketiga dalam tingkat responden individu atau formulir ringkasan agregat (yakni, sekelompok responden). Apabila Anda secara sukarela mengungkapkan data pribadi berkaitan dengan tanggapan dan data survei Anda, serta Dynata mengumpulkan data dan tanggapan survei, Dynata akan mengalihkan data dan tanggapan survei, UID, dan data pribadi yang diungkapkan secara sukarela kepada klien Dynata terkait.

 

Bagaimana saya dapat menolak pengumpulan dan/atau penggunaan data tertentu?

Terdapat beberapa pilihan keluar bagi pengguna Aplikasi/Layanan ini.

Anda dapat menghentikan seluruh pengumpulan data pribadi dan informasi lain oleh Aplikasi/Layanan dengan menghapus Aplikasi/Layanan dan/atau menghentikan keikutsertaan Anda dalam panel(-panel). Anda dapat menggunakan proses penghapusan standar yang tersedia sbagian dari perangkat seluler Anda atau melalui pasar aplikasi atau jaringan seluler dan/atau Anda dapat membatalkan akun panelis Anda pada Situs panel.  Perlu diketahui bahwa jika Anda menghapus Aplikasi/Layanan namun tetap menjaga profil dengan salah satu situs web Dynata, kami mungkin tetap mengumpulkan data pribadi dan data lain Anda dari situs(-situs) kami. Menghapus Aplikasi/Layanan tidak akan menghapus seluruh informasi yang dikumpulkan oleh Dynata sebelum menghapus Aplikasi/Layanan. Untuk menghapus semua informasi yang dikumpulkan oleh Dynata, hubungilah Dynata seperti yang ditetapkan di bawah ini.

Enam bulan setelah dihentikannya akun Anda, ketiadaan aktivitas dalam akun Anda, dan/atau tanggal sejak Anda menghapus Aplikasi/Layanan, Dynata mungkin mengalihkan PII Anda ke pialang data pihak ketiga dan/atau platform manajemen data demi tujuan penjualan kembali/penggunaan kembali oleh pihak ketiga tersebut. 

Apabila Anda tidak ingin PII Anda digunakan untuk Kegiatan Non-Riset dan/atau jika Anda tidak setuju dengan langkah Dynata dalam membagikan PII Anda kepada pihak ketiga setelah penghentian akun Anda dan/atau penghapusan Aplikasi/Layanan dari perangkat Anda, hubungilah kami di privacy@dynata.com

 

Keluar dari data lokasi untuk pengguna iOS

Anda dapat sewaktu-waktu memilih untuk menonaktifkan fitur akses data lokasi pada Aplikasi/Layanan dengan:

  • Menyentuh atau memilih ikon pengaturan pada perangkat;
  • Setelah masuk ke ikon pengaturan, sentuh atau pilih Layanan Lokasi; dan
  • Setelah masuk ke Layanan Lokasi, Anda dapat menggunakan penggeser individu Aplikasi/Layanan untuk menonaktifkan layanan lokasi.

Catatan: Apabila Anda menonaktifkan Layanan Lokasi, Anda akan diminta mengaktifkan Layanan Lokasi setiap kali Aplikasi/Layanan mencoba menggunakan fitur ini.

 

Keluar dari data lokasi untuk pengguna Android

Anda dapat sewaktu-waktu memilih untuk menonaktifkan fitur akses data lokasi pada Aplikasi/Layanan dengan:

  • Menyentuh tombol TENTANG pada bagian kanan atas bar navigasi
  • Setelah masuk ke kotak dialog TENTANG, Anda dapat mengubah opsi hidupkan/matikan Layanan Lokasi melalui tombol berlabel: "Akses ke lokasi saya"

 

Keluar dari pemberitahuan otomatis (push notifications) untuk pengguna iOS

Anda dapat memilih untuk menonaktifkan pemberitahuan otomatis (push notification) Aplikasi/Layanan dengan:

  • Menyentuh atau memilih ikon pengaturan pada perangkat;
  • Setelah masuk ke ikon pengaturan, sentuh atau pilih pemberitahuan;
  • Apabila pemberitahuan otomatis (push notification) telah diaktifkan, akan terdapat daftar ikon. Sentuh atau pilih ikon Aplikasi/Layanan; dan
  • Dari tampilan ini, Anda dapat mengubah pengaturan pemberitahuan otomatis (push notification) Aplikasi/Layanan.

 

Keluar dari pemberitahuan otomatis (push notification) untuk pengguna Android

 

  • Anda dapat memilih untuk menonaktifkan pemberitahuan otomatis (push notification) Aplikasi/Layanan dengan:
  • Akses Pengaturan pada perangkat.
  • Setelah masuk ke Pengaturan, temukan pengaturan Aplikasi.
  • Dari menu Aplikasi, temukan aplikasi terkait (QuickThoughts atau iPoll), dan pilih.
  • Temukan kotak centang berlabel "Tampilkan pemberitahuan", lalu ubah sesuai preferensi Anda.

 

Menolak komunikasi email

Anda dapat menolak komunikasi email dengan mengklik tautan berhenti berlangganan dalam setiap email yang Anda terima dari kami atau menghubungi kami seperti yang ditetapkan di bawah ini.

 

Menonaktifkan pembagian data profil di platform media sosial

Anda dapat menolak membagikan data profil platform media sosial dengan mengubah pengaturan preferensi/profil dengan platform media sosial mengenai pembagian data dengan pihak ketiga atau menghapus Aplikasi/Layanan ini dari profil media sosial Anda.

 

Menonaktifkan pengidentifikasi periklanan yang dipasang pada ponsel/perangkat Anda

Anda dapat mengubah pengidentifikasi periklanan yang terpasang di perangkat Anda kapan saja. 

 

Menolak jaringan iklan

Jaringan iklan yang mengumpulkan informasi melalui Aplikasi/Layanan yang digunakan untuk memfasilitasi survei dan memberikan periklanan berdasarkan ketertarikan menawarkan sejumlah mekanisme keluar tertentu. Untuk keluar, ikuti petunjuk masing-masing jaringan iklan pada tautan yang disediakan di bawah ini. Apabila Anda keluar, Anda tidak akan dapat berpartisipasi dalam survei kami tentang iklan dan promosi.

Jaringan iklan

Informasi keluar

Admob dari Google

http://www.google.com/ads/preferences/html/mobile-about.html

Flurry

https://policies.oath.com/us/en/oath/privacy/controls/index.html

InMobi

http://www.inmobi.com/inmobi-privacy-policy/opt-out/

Millennial Media

https://policies.oath.com/us/en/oath/privacy/controls/index.html

 

Dapatkah saya menghentikan Dynata yang melacak kegiatan online saya?

Jangan Lacak (Do Not Track) (“DNT”) adalah preferensi yang dapat Anda atur untuk memberi tahu situs web yang Anda kunjungi bahwa Anda tidak ingin situs web tersebut mengumpulkan informasi tertentu tentang Anda. Dynata tidak merespons sinyal DNT. Apabila Anda keberatan dengan praktik Dynata mengenai sinyal DNT, Anda boleh keluar dari keikutsertaan atau menghentikan penggunaan layanan Dynata seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Berkenaan dengan program efektivitas iklan online Dynata, Dynata mengizinkan para subkontraktor Dynata, mitra, dan/atau kliennya untuk memberikan, menetapkan, dan/atau menuliskan Teknologi Pihak Ketiga untuk tujuan memfasilitasi pengukuran khalayak dan kegiatan survei pengingat kembali pada iklan. Dynata tidak bertanggung jawab atas kepatuhan pihak ketiga atau tanggapan terhadap sinyal DNT. Untuk mempelajari lebih jauh program efektivitas iklan online Dynata, tinjaulah bagian Cookie dari Kebijakan Privasi ini.  

 

Berapa lama Anda menyimpan data pribadi saya dan informasi lainnya?

Dynata akan menyimpan data pribadi dan informasi lainnya yang berkaitan dengan penggunaan Aplikasi/Layanan dan/atau Layanan selama Anda memasang Aplikasi dan/atau menggunakan Aplikasi/Layanan ini dan hingga (1) tahun setelahnya atau periode lain sebagaimana diharuskan atau diizinkan oleh hukum.  Enam bulan setelah ketidakaktifan Anda pada Situs panel dan/atau penghapusan Aplikasi/Layanan, Dynata dapat mentransfer PII kepada pialang data pihak ketiga dan/atau platform manajemen data untuk keperluan penjualan/penggunaan kembali oleh pihak ketiga tersebut. 

 

Bagaimana saya dapat mengakses data pribadi dan informasi lain yang telah dikumpulkan oleh Aplikasi/Layanan ini tentang saya?

Anda berhak meninjau, memperbaiki, dan menghapus data pribadi Anda sesuai dengan hukum yang berlaku. Sehubungan dengan permintaan tersebut, Anda dapat menghubungi kami menggunakan perincian kontak yang tersedia di bawah ini.

 

Apakah Aplikasi/Layanan ini mengumpulkan data dari anak di bawah umur di bawah enam belas (16) tahun?

Aplikasi/Layanan ini tidak dirancang untuk, atau dimaksudkan untuk digunakan oleh, setiap individu yang berusia kurang dari enam belas (16) tahun. Kami tidak akan mengumpulkan data pribadi anak di bawah usia enam belas (16) tahun secara sengaja, dan jika kami menyadari bahwa kami tidak sengaja mengumpulkan data pribadi dari anak di bawah usia enam belas (16) tahun, kami akan melakukan upaya dengan biaya wajar untuk menghapus data pribadi tersebut.

 

Jaminan apa yang tersedia bagi data pribadi dan informasi lain yang dikumpulkan melalui Aplikasi/Layanan ini?

Dynata menjaga pengamanan teknis, administratif, dan fisik yang sesuai untuk melindungi data pribadi dan informasi lainnya yang diungkapkan atau dikumpulkan oleh Dynata. Dynata meninjau, memantau, serta mengevaluasi praktik dan sistem perlindungan privasinya secara berkala. Meskipun kami mengimplementasikan pengamanan, transmisi melalui Internet dan/atau jaringan seluler tidak sepenuhnya aman dan Dynata tidak menjamin keamanan transmisi tersebut. Dynata tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan yang dilakukan seseorang dalam mengumpulkan data pribadinya ke Dynata.

 

Siapa yang dapat saya hubungi untuk mengajukan pertanyaan tentang Kebijakan ini?

Apabila Anda ingin:

- menerima salinan informasi yang kami miliki mengenai Anda;

- menyampaikan permintaan keluar kepada Dynata;

- meminta akses ke, atau memperbaiki, memblokir, atau menghapus data pribadi Anda;

- mengajukan keluhan mengenai praktik privasi kami;

- keluar dari penggunaan PII tertentu Anda;

atau mengajukan pertanyaan seputar praktik privasi Dynata dan/atau Kebijakan ini, hubungilah kami melalui email di privacy@dynata.com.

Departemen Hukum Dynata bertanggung jawab atas kepatuhan Dynata pada Kebijakan Privasi ini.

 

Adakah perusahaan dalam Dynata Group yang mungkin mengumpulkan, menyimpan, dan memroses PII?

Ya, lihatlah daftar perusahaan di sini.